Bore Up Irit Yamaha MIO 145cc .:R.A.T style:.
Posted: 27 Agustus 2010 in MESIN DAN BALAP
Tag:balap, bengkel, bore up, drag, irit, Kencang, knalpot, knalpot racing, kompresi, korek, matic, mesin, mio, mio soul, mio sporty, modifikasi mesin, motor, murah, noken as, noken as racing mio, Porting, racing, standard, Yamaha
Tag:balap, bengkel, bore up, drag, irit, Kencang, knalpot, knalpot racing, kompresi, korek, matic, mesin, mio, mio soul, mio sporty, modifikasi mesin, motor, murah, noken as, noken as racing mio, Porting, racing, standard, Yamaha
Alhamdulillah,
Puji syukur
selalu tak henti kami panjatkan ke hadirat Allah Swt, Tuhan semesta alam yang
telah mendatangkan rizQy meski begitu jauh jaraknya. Adalah mr. Z, datang dari
kota Bojonegoro, melancong jauh ke Sidoarjo demi merapatkan barisan ke mabes
R.A.T Motorsport dan menjalin silaturahmi. Awal mula kedatangan mr.Z ke bengkel
sebenernya tertarik dengan paket modifikasi Ramadhan, tapi setelah
ngobrol-ngobrol di bengkel dan saya tunjuk lihat knalpot made in RAT untuk mio
bore up, pak boss yang juragan persewaan Playstation ini menjadi tertarik
memasangnya, wah.. rencana modifikasi sederhana jadi dicanangkan lebih
bermakna. Jadilah saya jelaskan proposal Bore Up Irit yang sedang trend untuk
motor matic, apalagi di salah satu tabloid mengulas modifikasi ini 1
halaman utuh, saya bisikin kalau kita bisa bikin yang lebih yahud mas… minat?!
Modal utama
kencang 2010 :: Big Piston hi dome - Valve Back Cut - MARLBORO merah hahaha
Wah, dengan
mata berbinar-binar mr.Z langsung mengeluarkan dompet dan memeberi
down.payment modifikasi. Setelah itu, diantarlah sang boss ke terminal
bungurasih, sambil melambaikan tangan kita pun melepas beliau pergi, hati-hati
dijalan boss… jangan melamunin mio nya, nanti kecopetan repot jadinya…
hahahaha… sedangkan mio nya ditinggal di garasi kita, sendirian, tanpa bantuan,
tak berdaya, membuat kita gemess tak sabar untuk menjamahnya.
Porting in
22 mm, di throat area sekitar 20 mm, memuncak di 8500 RPM
Obeng,
kunci T, kunci Y, kunci ring-pas, wah langsung diberdayakan semua, kalau
dishooting mungkin kaya di acara film Pimp my Ride nya MTV itu, body langsung
dibongkar, head dan blok dicopot, diperetelin, diinspeksi, dibersihkan dari
kerak… baru kita lakukan pengukuran. Sadaaappp… Apa sih yang diukur? Tentu
saja, desain ruang bakar, desain jalur pemasukan dan pembuangan relatif
terhadap katub , piston, dan stroke. Kemudian hal terpenting adalah mencatat
timing buka – tutup noken as standard berdasarkan kompresi bawaan. Mengapa
penting untuk tahu spesifikasi standard motor sebelum kita kerja? Tentu
engineer jepang membekali motor ini dengan sebuah karakter tersendiri, memahami
dasar fungsi – tujuan dan cara kerja akan membawa kemudahan bagi kita melangkah
meski seandainya suatu saat kita disuruh bongkar harley davidson…
wahahhahahahah Ketinggian terbangnya om…
Piston
standard langsung dilengserkan oleh milik Honda GL MAX Neotech berdiameter 56,5
milimeter aja, kenapa pake piston ini, ga seperti yang dulu pakai honda SONIC?
Ya karena kita bosen bikin yang 150 cc, sekali2 bikin cc ga terlalu besar
sehingga banyak perangkat standard bawaan motor seperti klep, pir klep,
karburator, cdi dan knalpot hingga masih bisa didaya gunakan. Kedua, piston
motor sport honda ini terkenal bandel, selain dimensi pin piston sama 15
milimeter, ketebalan dagingnya + jenongnya ini adalah potensi untuk dibuat mantap
mendorong ledakan di ruang bakar. Buktinya piston ini juga laris untuk
motor-motor spec semi buat balian jupiter z, hehehe… tapi awas bulan puasa
begini banyak razia.. KABURRRR !!!
hahahah…
Noken as
street mio
Piston
lebih gede klep ga harus ganti gede bang? Seharusnya kalau ganti gede tenaganya
pasti lebih ngeriii… berhubung ini paketnya bore up irit, irit di kantong juga
jadi ga usah pake klep gede. Cukup mengandalkan teknik back cut pada klep
bawaan standard mio, sudah lumayan untuk menambah flow sehingga motor
tidak cepat tersedak dan mampu terus bernafasss… Back cut valve technique ini
saya dapat dari hasil pembelajaran online juga lho, berdiskusi dengan engineer
lain dari bengkel TRB di bilangan Klaten Jawa-Tengah yang dikenal dengan
panggilan om Londo, pencipta Shogun Desmodici ala DUCATI dan pemahaman porting
Thermal Efficiency, wis pokoknya ilmunya berat… muntah2 kalok
dijelasin sekali susah ngerti, apa dasar kita nya yang lemot ya hahahah…
cerita selengkapnya bisa diliat di catatan facebook saya : KLIK DISINI
Perkawinan
piston GL neotech supaya aman di blok cylinder mio sebaiknya diiringi
penggantian liner nya juga, pake liner GL tentunya. Diameter luar liner 61
milimeter , cukup tebal menyelimuti piston supaya tetep adem. Untuk mengatur
kompresi statis mesin, kita melakukan pembubutan pada dome piston diturunkan 2
milimeter, pula jarak dari pen ke tepi piston kita turunkan 2 milimeter, disiku
9 derajat baru dibikin jenongnya masuk kubah dengan selisih 1 milimeter tiap
sisi. Jangan lupa pantat piston dipotong 5 milimeter supaya saat piston
bergerak ke TMB tidak bertumbur dengan daun kruk as. Cylinder head pun mengikuti
dengan pembuatan squish dengan diameter 56 milimeter, 9 derajat, tak lupa klep
dibenamkan 0.5 milimeter, ini digunakan untuk menurunkan kompresi dan memberi
gap aman saat klep overlaping. Noken as kita papas ulang dengan pencapaian lobe
lift setinggi 5.9 milimeter, durasi dibuka 5 derajat dari standardnya. Porting
inlet dibuat selebar 22 milimeter untuk mengakomodasi putaran mesin puncak yang
dipatok di 8.500 RPM. Tidak lupa pir klep kita tambahkan inner spring milik
honda CS-one, menjaga agar katub tidak mengambang yang dapat berakibat fatal
untuk mesin 4 langkah. Dengan ubahan seperti ini, mesin tampak luar standard,
manis sekali… alim.. padahal Brutal. Kalok bahasa jawanya , ngglendemi… hahaha…
alias diam-diam menghanyutkan
Blok
dipasang untuk mengukur dek klirens dan tinggi dums
Selesai
ketemu settingan karburator yang masih mengandalkan bawaan pabrik dan calah
kerenggangan klep nya, kita beralih ke sistem penerus daya sentrifugal. Demi
mengoptimalkan muntahan tenaga, pir cvt bisa menggunakan keluaran TDR racing
yang 1.000 RPM, dengan pir kampas sentrifugal 1.000 RPM, roller diadopsi dari
KAWAHARA dengan bobot 9 gram. Sebenernya untuk kesempurnaan modifikasi bisa
merubah sudut puli nya, atau beli kit dari aftermarket. Berhubung lagi paket
Mur-mer-Ceng.. jadi perangkat lain standard ting-ting.
9 gram x 6
Knalpot
matic kali ini kita pasrahkan untuk didesain oleh bang Zaeni, yang workshop
knalpotnya ada di daerah dukuh kupang, ini daerah dekat LOKALISASI terbesar
se Asia Tenggara – Dolly – hahaha… itu pula sebabnya kalau saya pamit ke
istri hendak pergi ke dukuh kupang, selalu di curigai, padahal papa mau bawa motor
bikinin knalpot biar setingannya pas – pelanggan puas – dan dapet duit halal –
baraqah biar dapur tetep ngebul… ciah…. nelangsa amat kedengarannya hehehe…
Knalpot MIO
by RAT MOTORSPORT
Desain
untuk motor matic sebisanya pakai leheran yang ga usah terlalu gede, baru
mendekati akhir muffler pipa di gradasi melebar, kalau request kita mintanya
dibikin las cacing kaya knalpot thailand, saya tunjukkan fotonya, masa kita
kalah sama thailand, gak mau lah… sorry lah ya.. ayo bang usahakan,.. las
dengan semangat!!!
Syukurlah
sudah jadi, tinggal pulang, menuliskan nota, sms ke pak boss supaya motornya
diambil… bayaran deh… CCccccIIIiiTTTzzzz… waduh, mobil depan ngerem mendadak
hampir aja nyungsep gara-gara mainin gass , Mio BORIT ala RAT oke juga ..
1/4 gass langsung nyruntulll … hahaha
Tetap Sehat
– Tetap Semangat , Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari
The Casino Resort Hotel Maryland - JtmHub
BalasHapusThe Casino 대전광역 출장샵 Resort Hotel Maryland offers an elegant, contemporary and spacious casino with over 2,600 목포 출장마사지 slot and 아산 출장안마 video poker machines. Rating: 4.3 동해 출장마사지 · 21 김해 출장안마 reviews · $44.99